Tuesday, August 10, 2010

Not Gaming in The Cafe but Cafe in The Gaming



Ketika video game mulai memasyarakat, sejumlah pihak berlomba-lomba membuat rental video game. Dari mulai perumahan, lingkungan kampus hingga pusat-pusat perbelanjaan.

Tapi jika ingin tempat nge-game yang enggak seperti rental game kebanyakan, Gen-X di Jalan Naripan No 121 memiliki konsep itu. Sejak berdiri Juni 2008 lalu, Gen-X menggabungkan rental video game dan cafe.

Begitu masuk, nuansa kenyamanan langsung terasa. Ruangan ber AC dengan sofa-sofa hitam berpadu dengan dekorasi ruangan yang didominasi warna merah dan hitam.
Deretan LCD dan televisi flat ukuran besar beserta console gamenya berjajar rapi.

Wahyu Prasetya, salah satu pegawai Gen-X menuturkan kepada detikbandung, ide membuat Gen-X ini berawal dari ide pemiliknya Doni Sopandi yang ingin membuat
tempat nge-game yang mengedepankan kenyamanan.

"Yang punya ingin memberikan kenyamanan berlimpah pada yang datang di saat nge-game, jadilah dibuat seperti ini. Mirip-mirip cafe tapi rental video game," tutur Wahyu.

Bedanya lagi, Gen-X menyediakan berbagai console gaming yang saat ini sedang naik daun seperti PS3, XBOX 360 dan Nintendo Wii.

"Justru itu yang menjadi pembedanya, kalau di rental-rental lain masih jarang yang menyewakan XBOX dan Wii. Kebanyakan kan PS 2 dan PS 3 saja," tutur Wahyu.

Koleksi game Gen-X bisa dibilang cukup lengkap. "Ada 112 judul game X-Box, 30 judul game Nintendo Wii dan 6 judul game PS 3," tambah Wahyu.

Dari berbagai konsol yang tersedia, konsol PS 3 adalah yang paling banyak diminati. Sedangkan untuk gamenya, sepakbola masih menjadi unggulan "PS 3 paling sering penuh, beda dengan X Box atau Wii. Hanya kadang-kadang saja ada yang main. Kalau untuk gamenya rata-rata pada main sepakbola entah itu PES 2009 atau Winning Eleven," seloroh Wahyu.

Khusus untuk PS 3, ada room yang bisa digunakan untuk main sampai berenam. "Sebenarnya bukan room khusus, hanya saja agak lebih private. Biasanya sih dipakai untuk yang main beramai-ramai," tutur Wahyu.

Harga sewa untuk tiap konsol bervariasi, untuk PS 3 dipatok harga Rp 8 ribu per jam, XBOX Rp 5 ribu per jam dan Wii Rp 6 ribu per jam. Sedangkan jika ingin main
lebih dari berdua dikenai charge mulai Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu.

Gen-X buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Sedangkan di hari minggu buka hingga pukul 24.00 WIB.

0 comments: