Sunday, July 11, 2010

Musik Elektronik Itu Mudah dan Murah!

Sebagian orang beranggapan musik elektronik 'mahal' lantaran segudang alat yang harus dipunyai. Tapi band veteran asal Bandung Mobilderek membuktikan musik elektronik murah tapi meriah.

"Ah kata siapa musik elektronik mahal? Justru pandangan itu kebalik. Coba kalau bikin band biasa. Harus punya gitar, drum, bass dan banyak lagi. Kalau elektrik mau sendirian pun bisa," tutur Ervan yang merupakan DJ dan music programmer Mobilderek.

Terkait banyaknya properti yang harus dimiliki oleh grup musik elektronik, Mobilderekpun serta merta menampiknya. "Banyaknya alat itu kan hanya kelihatannya, apalagi sekarang udah zamannya teknologi digital. Tinggal beli software yang sekarang sudah semakin banyak bajakannya, dan berkreasi. Kalau mau manggung, bawa aja laptop pinjeman dan bawa controller," ujar Ervan.

Mobilderek juga menepis anggapan bila band elektronik tidak bisa memainkan instrumen manual. "Itu sih tergantung orangnya, tapi banyak koq yang bisa, termasuk Mobilderek. Tapi yang jelas pemain musik elektronik pun pemusik," tutur Ervan seraya tertawa.

Banyaknya pandangan yang menganggap musik elektronik adalah musik yang membutuhkan keahlian tingkat tinggi dalam teknologi komputer dan olah suara.

"Nah ini yang keliru, ada teman saya yang musisi elektronik juga. Dia gaptek ke komputer, tapi musiknya keren banget malah," ujar Ervan.

Ervan dan Doji menambahkan yang penting dari kreasi musik elektronik adalah keberanian dalam berekspresi.

"Jangan takut untuk bikin yang sama sekali beda dari yang selama ini ada. Soalnya kalo gak pede ya gak akan jadi-jadi. Musik elektronik itu mudah, asal suka musik pasti bisa!," seloroh mereka.

0 comments: