Sunday, July 11, 2010

Semua Orang Bisa Main Gitar Kok!


Siapa bilang hanya yang punya bakat seni bisa bermain gitar dengan mahir. Siapa pun, asalkan sudah niat dan berusaha keras, pasti bisa memainkan instrumen berdawai itu.

Hal itu dilontarkan oleh Hinhin Agung Daryana (26). "Semua orang bisa main gitar, enggak peduli tua muda. Pasti bisa!" ujar laki-laki yang biasa dipanggil Akew.

Akew yang telah menjadi guru les gitar sejak tahun 2007 ini menuturkan ada beberapa hal yang menjadi kunci kesuksesan seseorang bisa bermain gitar.

"Pertama, niat aja dulu kalau memang pingin bisa main gitar. Kedua, sering latihan secara intensif. Enggak perlu sehari delapan jam, buat pemula dua jam sehari udah cukup. Yang penting rutin aja," tutur Akew.

Selain itu, Akew menuturkan untuk bisa bermain gitar tidak perlu memiliki gitar. "Oh, sebenarnya enggak perlu-perlu banget punya gitar. Saya bisa jadi seperti sekarang juga berkat gitar tetangga, percaya deh saya baru punya gitar elektrik pas tahun 2007," ujar Akew memotivasi.

Terkait masalah perlu atau tidaknya guru untuk belajar gitar, Akew memiliki pendapat tersendiri. "Terlepas saya adalah seorang guru gitar, sebenarnya keberadaan guru gitar tidak menjadi faktor penentu seseorang bisa main gitar atau tidak. Belajar sendiri pun bisa, cuma kalau ada gurunya akan dibimbing secara lebih dalam dari teori, not sampai teknik bermain yang benar," tutur Akew.

Akew menyarankan untuk memulai belajar gitar sebaiknya belajar dari klasik dulu. "Banyak anak-anak sekarang begitu main langsung pop. Padahal kalau mau belajar secara serius baiknya dari klasik dulu. Selain akan mempermudah proses kedepannya, belajar klasik juga bisa mengasah keseimbangan otak kiri dan kanan," seloroh Akew.

Untuk usia, Akew berpendapat usia berapa pun tidak menjadi masalah. "Jangan pernah merasa telat untuk belajar gitar, idealnya memang belajar sejak usia 6 tahunan lah. Tapi untuk yang sudah berumur pun enggak masalah, murid saya aja ada yang usia 40 tahunan," ujar Akew.

0 comments: