Sunday, July 11, 2010

Musik Pertemanan dari Goodboy Badminton

Apa arti pertemanan bagi anda? Pasti anda akan merasakan sesuatu yang kurang lengkap jika teman tak ada di sisi. Melalui musik, makna pertemanan inilah yang ingin disampaikan oleh sekelompok anak muda asal Bandung yang tergabung dalam grup musik Goodboy Badminton.

Semua berawal dari 'kegilaan' Rahmat a.k.a Mutt (Vox&Guitar) yang ingin meramaikan ranah permusikan Bandung. Berbekal pertemanan satu tongkrongan ketika menyaksikan pertunjukan musik, Mutt berkenalan dengan Rambo (Bas) dan seorang bule asal Jerman, Christopher (Gitar) di tahun 2006.

"Dari kenalan sana-sini akhirnya saya kenal dengan Rambo dan Christop, sama-sama hobi bermusik, jadilah kita bikin band bertiga," tutur Mutt kepada detikbandung.

Karena mereka tidak mungkin bermusik tanpa pemain drum, akhirnya mereka merekrut Doni (ex-Rocket Rockers) di tahun yang sama.

Menyoal nama Goodboy Badminton, mereka memiliki jawaban yang unik dan nyeleneh. "Kami semua, adalah anak baik-baik. Senakal-nakalnya juga masih sebatas keisengan masa remaja. Makanya kami memutuskan memakai kata Goodboy. Kalau Badminton nya sih tambahan dari Ucay (Vox&Synth Rocket Rockers) yang juga teman dekat kita untuk menambahkan kata yang unik dan mudah diingat,"
ujar Mutt.

Uniknya, sejak awal Goodboy Badminton tidak pernah mengcover lagu band lain setiap kali manggung. "Kami enggak bakat untuk meniru band lain yang sudah terlampau hebat," ujar Mutt seraya tertawa.

Merasa formasi berempat kurang seru, Mutt cs memutuskan untuk memasukkan elemen synthesizer kedalam musik mereka.

"Kita ingin membuat sesuatu yang seru dan bersemangat, makanya kita pake synth. Tapi sempat bingung juga, soalnya agak susah nyari pemainnya. Makanya sampai 2009 awal kita masih pake Upit (C.U.T.S & Boys Are Toys) baru setelah Upit sibuk dengan C.U.T.S posisinya digantikan oleh Yuwan," ujar Mutt yang diamini keempat personil lain.

Seperti banyak band lainnya, pergantian personil juga terjadi di Goodboy Badminton. "Tahun 2007 Christopher harus keluar karena kembali ke negara asalnya dan digantikan oleh Nanu. Selain itu Rambo juga hengkang karena alasan pribadi dan digantikan oleh Husein," tambah Mutt.

Meski masih bisa dibilang baru, Goodboy Badminton terbilang produktif dalam membuat lagu dan selalu direspon positif oleh pasar.

Terbukti sejak muncul dan melempar hits 'Alert-alert Lindsays' dan 'It So Last Year' di tahun 2006, nama Goodboy Badminton sontak meroket dan mulai kebanjiran order manggung.

"Itu yang kami syukuri, untuk band yang belum lama eksis, lagu-lagu kami sudah direspon baik oleh publik," ujar Mutt yang diamini personil lainnya.

Berbekal pengalaman jam manggung, Goodboy Badminton pun semakin produktif dalam membuat materi musik. "Kita enggak mungkin manggung dengan lagu yang itu-itu saja, makanya kita mau enggak mau harus rajin bikin lagu," ujar Mutt.

Band yang banyak terinspirasi oleh Sunny Day, The Rentals dan Sendal Jepit ini berencana untuk merilis album perdana mereka di bulan Oktober 2009 ini.

"Materi sudah siap dan akan diluncurkan Oktober nanti. Isinya masih membahas seputar pertemanan, dan kebanyakan memang pengalaman nyata yang kita dan teman-teman semua alami," ujar Mutt.

Sejumlah single anyar yang kerap dibawakan Goodboy Badminton setiap manggung seperti Panggung Komedi, Semester Terakhir, Kartu Mati dan Kontroversi Dunia memang banyak menyuarakan soal pertemanan.

Namun ketika ditanya apakah pertemanan membawa mereka menuju ketenaran, Goodboy Badminton menyikapi dengan bijak. "Itu sangat mungkin terjadi, tapi yang jauh lebih penting adalah jika suatu saat menjadi tenar jangan pernah lupa dengan teman-teman kita dahulu," tutur Mutt cs kompak.

0 comments: