Wednesday, July 21, 2010

Street Fighter IV: Kembalinya Legenda Fighting Klasik


Setelah cukup lama tidak ada game fighting yang dibuat untuk platform PC, CAPCOM kembali mengusung game fighting klasik mereka kedalam format multiplatform. Ya, Street Fighter kembali seolah ingin menampik komentar tidak adanya game fighting di PC yang mumpuni lagi.

Cerita dari game ini memang tidak banyak berubah dari versi originalnya. Karakter-karakter lama seperti Ken, Ryu, Chun Li,E Honda, Dalshim, Guille dan M Bison tetap dimunculkan. Namun juga banyak karakter-karakter baru yang diselipkan.

Beberapa karakter sengaja masih di set dalam posisi lock. Untuk mengunlocknya, ada beberapa level game yang harus diselesaikan. Nuansa klasik sangat terasa ketika game ini dimulai. Bak tampilan arcade tahun '90an. Tapi begitu masuk ke menu utama game, nuansa kekinian mulai terasa.

Pemilihan karakter masih gaya klasik lama, namun kali ini dibuat semi 3D. Masuk ke game First Movie Video (FMV) dari karakter yang kita pilih akan muncul. Menceritakan sedikit flashbackmengenai legenda pertarungan klasik dunia ini.

Saya sempat terpukau dengan grafis yang dibawa di dalam game. Gabungan environtment 3D dirender cukup halus berpadu dengan karakter 3D yang membawa nuansa kartun di dalamnya. Bisa jadi ini juga lantaran terakhir saya bermaun game ini di konsol NES yang artinya gambarnya amat sangat apa adanya [8 bit bro].

Mengingat RIG tidak baru-baru banget ,jadinya hanya diset ke mode HIGH dengan AA 8x. Tapi grafisnya sudah oke di mata dan yang jelas smooth tanpa lag sedikitipun. Kontrol dari game cukup mudah. Jelas untuk bisa memainkannya dengan nyaman anda membutuhkan stik.

Saran untuk stik bisa menggunakan stik XBOX 360 for PC atau stik PC lainnya yang cukup bermerk. Saya sendiri belum menggunakan stik XBOX 360, maklum harganya lumayan juga sih. Tapi setidaknya dari stik biasa yang beredar di pasaran pilihlah stik yang paling tidak agak awet. Kalau sedikit sabar pasti mudah menemukan stik semacam ini.

Penggunaan stik yang nyaman di sini jelas tidak hanya untuk menjaga keyboard anda jebol lantaran keasyikan mengoprek jurus, tapi juga mempermudah mengeluarkan trik-trik rahasia atau combo. Saking spesialnya kemarin saya melihat ada seller yang menjual stik khusus SF IV. Lengkap dengan gambar karakternya. Kalau itu sih istimewa, lantaran control L dan R dipindah kedepan, combo pun keluar dengan mudahanya.

Meski begitu agar bisa menjalankan game ini dengan cukup nyaman rasanya tidak perlu rig yang berkemampuan super. Test bed penulis dengan Athlon X2 5000 (2,8 Ghz), Ram 2 GB, dan ATI Radeon 4670 1 GB berhasil mencapai resolusi 30 Fps dengan setingan high dan anti aliasing 8x. Jadi, untuk anda yang menggemari game klasik Street Fighter, jelas game ini wajib mengisi PC anda. Selamat Bertarung!

0 comments: