Tuesday, July 20, 2010

Yo,,,yo,,Ngomong Jowo


8 Taun yang lalu waktu gue pindah untuk kuliah di Kota Wingko Babat enggak kepikiran untuk ngomong Bahasa Jawa. Ya, sebagai orang yang domisilinya asli PARIS ditambahin Van Java gue enggak begitu akrab sama yang namanya Bahasa Jawa. Memang emak dan babeh orang Jawa tapi di rumah ngomong Bahasa Indon campur Jawa campur Inggris, wes..lengkap sudah.

Karena lingkungan mengharuskan ngomong Bahasa Sunda gue pun dengan fasihnya bisa ngomong Sunda. Bagaimana gue ngomong kayaknya enggak harus diperagain di sini dah [bwahahaha]. Okeh singkat kata gue melakukan perjalanan ke SMG bulan-bulan ini taun 2002.

Pas gue nyampe sana, sedikit culture shock juga. De mi Gosh, orang-orang semua ngomong Jawa. DAMN! Ada di planet mana aku?. Tapi beruntungnya temen-temen kuliah gue yang paling pertama kenalan adalah orang-orang Jakarta. [So they speak Indonesia of course].

Tapi lagi-lagi sahabat gue si Edwin meracun gue buat pake Bahasa Jawa. 1 semester gue keep in speak Indonesia. Tapi pas gue jalan-jalan sama si Ed ini dia selalu mencontohkan orang dimana-mana ngomong Jawa [memang iya sih]. Sampai suatu kali, “Tuh orang Cina aja ngomong Jawa. Kamu orang Jawa kenapa enggak belajar Bahasa Jawa,”. Gue cuman diem dan masih ngelanjutin ngobrol pake Bahasa Indon.

Lama-lama di sana, gue masih bingung apa harus speak Indo atau banting stir ngomong Jawa. [FYI, gue bukan enggak bisa Boso Jowo. Tapi gue masih ragu-ragu untuk ngomong Jowo. Entah dari mana, kenal semakin banyak orang dan gue pun melebur ngomong Jowo.

Yep, mulai dah kerasa enaknya ngomong Jowo. Kalau beli makan gue dengan santai bisa ngobrol Jowo dengan yang jual. Tapi gue tetep ngomong Indonesia dan Sunda untuk beberapa kesempatan seperti pas ketemu orang Sunda lagi atau beli Burjo [ini harus ngomong Sunda lantaran 99 persen tukang bubur kacang ijo adalah orang Sunda].

Sampe sekarang menembus Ibukota, gue kadang-kadang masih ngomong Jowo. Ya tentunya kalau ada perlunya, semisal kalau beli Nasi Kucing [tidak diduga gue nemu makanan ini di Jakarta] dan tetap ngomong Sunda pas gue beli burjo.

Bro Ed, racunmu berhasil. Tapi setidaknya gue enggak perlu takut kesasar tiap turun dari bis kalau pulang dari BDG ke SMG. Dan hidup di kota yang baru rasanya akan selalu jos gandos kalau bisa ngomong bahasa yang biasa dipakai orang-orang di sana.

0 comments: