Monday, July 26, 2010

Bangsa Pemakan Merek


Temen gue pernah bilang, “Beli barang enggak mesti yang bermerek, yang penting fungsinya,”. Memang kenyataannya dia jarang sekali memakai barang yang ada mereknya. Beda dengan temen gue yang lain, dia kalau beli sesuatu harus yang ada mereknya. Minimal orang banyak tahu brand itu.

Gue sendiri tadinya tidak begitu memperhatikan merk. Utamanya untuk barang-barang tersier. Tapi nyatanya, barang-barang tak bermerk itu cepat sekali bos nya [bosok –red]. Pernah sekali gue beli Kipas angin merknya ‘BioNational’. Berhubung gue waktu itu di kota yang panas banget, keberadaan kipas di kos udah jadi keharusan

Temen gue sebenarnya sudah bilang “Beli barang elektronik kok asal merknya?,” tapi gue cuek saja. Ternyata belum 2 bulan kipas itu rusak. Rusaknya pun sangat tragis, waktu dihidupin kipasnya loncat dari dudukannya. Mirip piring terbang yang hampir menghajar gue. Untungnya enggak kena orang tuh kipasnya.

Oh iya, sebelumnya insiden beli barang tak bermerk ini pernah kejadian juga waktu gue SMA. Waktu itu gue pengen walkman. Tapi sial, duit gue enggak cukup buat beli walkman bermerk. Entah merk apa gue beli aja. Baru beberapa bulan dipake kok tiba-tiba walkman gue gak mau muter kasetnya. DAMN, ternyata walkman gue rusak dan gak bisa dibenerin.

Beda dengan waktu kuliah gue beli walkman yang cukup bermerk, bertahun-tahun tuh walkman gak rusak. Nah, kekonyolan gue beli perangkat audio kejadian pas gue beli MP3 player, entah kenapa tiba-tiba gue kepincut sama MP3 player merknya ‘O’.

Tuh gadget pake MMC buat lagunya. Ternyata pas gue setel suaranya parah, isinya scratch-scratch doang. Dan meskipun digaransi, sia-sia sudah gue beli. Beruntung temen gue beli walaupun istilahnya gue jual rugi tuh.

Beberapa bulan sesudahnya, gue beli lagi MP3 player merk terkenal yang initialnya ‘C’ itu lho. Pokoknya dia one of the best gadget for audiophiles lah. Dan beneran, awet dan tahan lama banget. Belum lagi gue beli mouse yang merknya gak jelas. Baru dicolokin cuman nyala lampunya doang [gosh].

Setelah dipikir-pikir, kita ini terlanjur makan merk. Coba aja, mau beli pasta gigi bilangnya odol. Padahal odol itu ya merek juga. Apalagi kalau mau beli Mie Instant, pasti bilangnya mau beli Indomie padahal mie yang dibeli belum tentu dari brand yang disebut.

Yang paling sering adalah mau beli air mineral dalam kemasan kita selalu bilang mau beli Aqua. Padahal brand-brand lain yang kualitasnya enggak kalah juga banyak. Dan ehm, temen gue yang katanya tidak pernah pakai barang bermerk itu ternyata barangnya semua bermerk. Hanya saja dia menutupi merk-merknya. Semisal pakai tas ada merknya ditutupin pakai pin atau pake sticker.

Gue cuman melongo, memang merk belum tentu menentukan kualitas. Tapi sobat gue bilang “Beli yang bermerek karena kita makan merek,”. Sampai di sini, masih mau beli yang tak bermerek?

2 comments:

hahn said...

haha.. untuk barang2 elektronik, beli yang bermerek memang kewajiban.
tapi buat baju dll, mending meuli KW lah hahaha

btw harga mah moal bohong

Pradipta Nugrahanto said...

Bener pisan mang, harga mah moal bohong :D