Monday, July 19, 2010

Ngemulator Sampai Molor

Salah satu hobi gue adalah ngoprek RIG [PC rakitan-red]. Nah dari sekian panjang perjalanan dengan ngoprek kompie ada satu pengalaman yang selalu bikin ketawa. Itulah dia pengalaman saat beremulator. Ya emulator bukan escalator ya sodara-sodari.

Emulator ini sebenernya udah gue kenal dari jaman SMA. Waktu itu emu yang paling populer namanya Connectix Virtual Game Station atau temen-temen gue biasa disebut VGS ini fungsinya biar PC bisa mainin game Playstation.

Sebagian sih, enggak semua game bisa dimainin di sini. Itupun dengan keterbatasan semisal enggak ada suaranya atau kepotong movienya. Tapi yang jelas ini emu populer banget dulu [mengingat harga PSX mahal banget dulu dan enggak semua ortu mau ngebeliin anaknya PS. Salah satunya gue hehehe].

VGS ini masih gue pake sampe kuliah semester 2. Maklum, anak kos bos. Main winning atau fighting game sampe menjelang pagi udah jadi rutinitas. Nah kepindahan gue ke Kota Wingko Babat ini membuat gue mengenal teman dan sahabat gue yang sempat juga jadi maniak emulator.

Dialah si EdwinRakhmanto yang dulu hobinya main emulator Super Nintendo dan Sega [klasik tapi asik]. Salah satu favorit kita dulu adalah main Gundam. Walaupun demi tuhan itu gambarnya boro-boro tridi masih super ecek-ecek dan ukurannya kwecil banget [seperempat layar kali ya].

Kalo enggak main Gundam biasanya kita main Donkey Kong, itulah aktivitas malas-malasan kita. Dan enggak jarang si Ed ini menghabiskan waktu sampai pagi buat namatin game emunya. Salah satu yang fenomenal pas dia mainin Pokemon sampe jam 4 subuh [it just a game on emulator bro hehehe].

Bagaimana dengan gue? Gue sih palingan mainin emu itu sampe jam 00.00 WIB lantaran keburu ketiduran. Besoknya di kampus cerita-cerita soal emu dah. Tapi lama-lama gue jenuh sama emu, sedangkan si Ed belum jenuh-jenuh.

Dia malah nambah koleksi emunya sampai ke Gameboy Advance. Maklumlah kompie gue dan sobat gue ini sebelas dua belas. Pokoknya dulu itu mirip banget. Jangan harap bisa main tridi dah. Satu-satunya tridi yang bisa dimainin dengan lancar adalah The Sims dan Zoo Tycon.

Pernah juga nyoba nginstal VRally dan cukup sering ngehang. Atau Need For Speed Porsche Unleashed. 2 yang terakhir itu masih bisa. Tapi sekali nginstal Madtown Madness hilang sudah gambarnya.

Karena ingin tetap mainin game-game dengan judul terkini. Tekankan pada judul ya bukan game untuk PC terbaru, jadinya si Ed masih mainin di emulator. Lucunya pas ngobrol sama sobat gue yang kompienya cukup lumayan ArgoGo dan ngobrolin game dia dan si Ed ngobrolnya nyambung.

Padahal yang diobrolin GoGo game pc beneran dan ditimpali si Ed dengan permainan game di emu. Dan gue yang sering nimbrung pas mereka ngobrol hanya ketawa doang. Si Ed udah mewanti-wanti ‘Jangan bilang main Emu ya,’. Biasalah pertaruhan gengsi kita soal kompie emang enggak ada matinya.

Tapi si Gogo juga suka mainin emulator, bedanya dia agak elite mainnya emulator dingdong atau arcade yang biasa ada di Timezone atau Game Fantasia. Gambarnya juga cukup lumayan sih, meskipun kasar masih kasarnya arcade jadi gak butut-butut banget.
Emulator favoritnya keluaran MAME.

Sekarang sih kita udah enggak main emu-emuan lagi. Kompie kita bertiga udah cukup lumayan buat mainin game-game kekinian. Tapi si emu itu udah sukses bikin kita Ngemulator sampai Molor bro!

1 comments:

Rossoneri said...

wakakaka ... masih inget aja dip emu kesukaa kita²
lha ini Edwinner, si oknum yang bersangkutan kok ga pernah nongol?