Sunday, July 18, 2010

Si Kompu oh Si Kompu

Gue termasuk orang yang cinta abis sama satu benda ini. Dari sekian banyak gadget dan peranti elektronik yang paling gue ikutin perkembangannya ya komputer. Pokoknya gue begitu senang dan memprioritaskan PC dibanding gadget atau bahkan perabot lainnya.

Bisa jadi juga ini lantaran ortu enggak pernah ngebeliin konsol game. Zaman gue TK pas Nintendo Entertainment System [NES] mulai ada emak gue selalu mengelak tiap gue minta dibeliin. “Bikin bodo itu mainan,” katanya.

SD Kelas 3 adalah waktu gue disunat, tumben-tumbenan emak gue baik banget nawarin gue mau hadiah apa. Dan kebetulan juga waktu itu gue berhasil dapet ranking 2 pas bag-bagi rapot [yang sumpah enggak pernah keulang lagi sampai SMA].

Gue bilang mau gamewatch. Dan karena waktu lagi musim tetris gue pun minta tetris. Tapi gue pinter, dari sekian banyak tetris gue pilih yang paling mahal. Masih inget itu tetris gamenya ada 6 dari pinball, tetris, ular-ularan sampe banyak lagi dah.

Setaun berselang, mainan itu udah masuk dus lagi. Karena makin lama makin cupu dan udah enggak banget buat dimainin rasanya. Zaman kelas 5 SD, Nintendo masih jadi kebanggaannya temen-temen sekalas gue dan tiap mereka ngobrol konsol itu gue cuman melongo aja.

Nah, pas jaman itu tiba-tiba gue bilang ke emak gue “Bu beli komputer lah,” dan jawabannya, “Ya nanti kalau udah bisa matematika,”. Dan dari naga-naganya tuh komputer juga kagak bakalan boleh buat main game. “Wahh, kalau buat mainan doang sih cuman ngabisin listrik,” dan terdoktrin lagi kalau listrik itu bisa habis [betapa BeOdeOnya gue] sampai akhirnya ada pencerahan.

“Oke kita beli komputer tapi nabung dulu ya,” kata emak gue. Dan gue pun nabung mati-matian. Sampe sehari rela gak jajan.Dan yang paling menyesal adalah setelah setaun rela gak jajan dan kelaparan gue nanya udah berapa tabungan gue ke emak dijawab “lima ribu!” gue langsung lemes dan nyaris bercucuran air mata.
Gimana enggak, tuh secara teori gopek sehari dikali 300 hari hanya jadi goceng.

Entah kemana sisa-sisa duit gue. Yang membuat gue lega adalah babeh gue, dia bilang
“Ya kalau mau komputer kamu harus terus nabung, kan harganya juga enggak murah,” katanya.

Perjalanan itu kerasa lama banget dan emak gue sampe manas-manasin “tuh tetangga depan udah dibeliin komputer warnanya merah, ijo sama biru,”. Padahal kalo gue pikir lagi, zaman itu komputer masih satu warna doang, putih gading. Bahkan Macintosh pun belum hype di Indonesia. Dan gue percaya-percaya aja malah nangis dan emak gue bilang “heuh gitu aja nangis,”.

Untung pas babeh pulang dari ngerampungin studinya di luar negeri pencerahan mulai keliatan. Dan akhirnya kesampean lah hari mau nyari komputer pertama gue itu. Dari pagi gue udah gelisah. Bakal seperti apa si Kompu itu nantinya.

Akhirnya selang seminggu si Kompu datang. Rasanya zaman itu canggih buanget. Padahal kalo diliat sekarang itu adalah PC 486 dengan memori 8 MB [hammer]. Oke back to si Kompu, setelah dipasang teknisi [di kamar gue loh masangnya. Padahal karena enggak ada tempat di rumah] si teknisi nerangin berbagai aplikasi yang ada di dalemnya.
Waktu itu sekitar taun 96 lah. Si Kompu udah diisi sama windows 3.11 rasanya udah canggih banget. Ada Microsoft Word 6.0, Corel 5 dan entah software apalagi yang diinstal tapi gue lupa. Setiap gue megang-megang si Kompu pas pertama dateng itu, adek gue selalu bilang “bu ni komputernya malah dioprek-oprek,” dan gue pun mundur teratur padahal penasaran.

Gue ngeliatin si teknisi mengutak atik software dan akhirnya si teknisi bilang “Dek mau main game, ada kok!,” gue kayak melonjak kegirangan, dan si teknisi ngebukain game kartu yang ternyata adalah Solitaire [kayaknya zaman itu udah keren buanget]. Dan pas keintip emak gue dia malah ngomong “maen kartu yok maen kartu,” seolah main game adalah hal yang sangat nista di dunia.

Lagi-lagi babeh gue menyelamatkan, dia malah ngajarin gue dan adik gue main game Ski Free [game yang bawaan entertainment pack windows sebenernya tapi keliatannya udah canggih banget jaman itu apalagi gue belom pernah punya konsol game sebelumnya]. Gue senang bukan kepalang sampe semaleman itu main tuh ski, sama satu lagi Fuji Golf.


Hampir tiap hari gue main 2 game itu, sebelum sekolah dan pas libur. Aktivitas ngoprek si Kompu sempat kepotong lantaran waktu itu gue harus Ebtanas. Gue sempat bilang kalu NEM gue bagus gue minta disket yang isinya software game. Tapi emak gue kayaknya kurang setuju dan selalu nyindir-nyindir sampe gue malu sendiri.

Liburan Ebtanas, babeh membuka rahasia. Ternyata di si Kompu udah buanyak banget gamenya. Dari Double Dragon, F1, Tennis, si legendaris PacMan [gue masih inget namanya CD Man] dan yang paling gue seneng ada Mortal Kombat II. Gimana enggak seneng, game itu gue taunya dimainin di Sega dan gue sama sekali enggak mungkin dibeliin yang namanya Sega.

Masuk SMP, tugas-tugas mulai dibuat pake si Kompu. Sedikit bangga juga lantaran dari temen-temen sekelas cuman gue yang punya komputer. Sampe pernah pas ngerjain tugas setengah kelas masuk rumah gue dan nyaris gempa karena semua pengen nyobain komputer.

Kelas 3 SMP, si Kompu mulai kerasa jadul. Temen gue udah pada pake Windows 95, dan gue masih pake Windows 3.11. Tapi masih lumayan, lantaran temen gue masih ada juga yang pake 486 [masih bisa tukeran game at least].


Sebenernya gue ngiri juga sama temen gue yang bisa nonton VCD di komputernya, dengerin lagu dan tentunya main game dengan grafis yang cukup aduhai. Liburan masuk SMA [zaman yang lain udah mulai main Playstation yang masih seri PSX, karena enggak ada pilihan gue masih main Prince of Persia [bukan yang 3D yak, alias masih yang super kotak-kotak gambarnya], Home Alone, Golden Axe dan Lotus [gambarnya mirip-mirip sama game Top Gear di Sega]. Sama satu lagi Doom 3D yang udah keren banget dan waktu itu ada 4 disket!

Yang lucu, berhubung si Kompu bukan PC multimedia alias soundcardnya aja enggak ada, apalagi speaker dan VGA cardnya drivernya ilang alhasil suara yang keluar adalah suara dari speaker CPU. Sember abis, tapi entah kenapa, gue cukup puas bisa mainin itu game [lantaran enggak ada hiburan yang menarik lagi sih].

Masuk SMA, si Kompu semakin terasa lelet. Masuk windows lamanya minta ampun. Dan pas zaman itu windows yang ideal digunakan Windows 98 atau minimal Windows 95. Sedangkan si Kompu masih pake Windows 3.11.

Ngerjain tugas pake komputer jadi ogah-ogahan, apalagi printer HP Deskjet 400 gue sering ngadat. Dan parahnya si Kompu jadi sering nge-hang gak jelas gitu deh. Suatu hari si Kompu rusak, babeh gue nyervis dan diinstal Windows 95.
Gue cukup senang, walaupun tampilannya aduh bo, kasar enggak keruan gitu deh. Setiap mampir ke pameran komputer gue cuman ngiler-ngiler liat komputer yang waktu itu udah Pentium 2 MMX minimal.

Masa-masa SMA jadi masa suram buat si Kompu, nyaris enggak pernah gue sentuh kecuali kepaksa buat ngerjain tugas. Itupun bikin emosi, setiap dikasih gambar selalu hang, hang dan hang sampe pernah gue udah 1 tugas selesai 99 persen diulang dari awal lantaran si Kompu ngehang.

Emak gue selalu kesal liat gue yang memperlakukan si Kompu semena mena. Digebrak lah bahkan mouse dan keyboard mukulnya kayak mukul mesin ding dong. Brak-brak-brak. Printer macet nyaris gue banting juga tuh, tapi babeh gue keburu ngamuk.

Sampe akhirny pas Lebaran taun 2001, di rumah sodaranya babeh yang di Jogja udah ada PC yang lumayan keren. Meskipun cuman Pentium II, tapi zaman itu udah keren banget. [Apalagi dibandingin si Kompu yang 486].

Perjalanan pulang ke Bandung gue bilang “Pak kayaknya udah saatnya upgrade,” babeh cuman diem. Suatu ketika babeh nanyain “Eh kan ada temen kamu yang jualan komputer kan,” “Yes kata gue dalam hati,” gue langsung telepon temen gue dan bilang kalo gue mau pesen RIG [pc rakitan-red] baru.

Tadinya babeh bilang “kita sih Pentium II aja ya, enggak usah PIII,” “Ya, gak papa kata gue, minimal bisa nyetel pilem dan denger MP 3,”. Susun menyusun spek pun dilakukan, akhirnya sepakat pake Pentium II, mobonya entah apa, RAM SD RAM 64 MB, Hardisk 5 GB dan VGA 8 MB.

Seminggu berlalu PC pesenan belum jadi, temen gue bilang kalo stok PII kosong dan diganti PIII. Entah kesambet angin apa babeh setuju dan akhirnya spek final PC kedua gue yang dinamain si Butih [karena casingnya biru dan putih] ini jadi PIII 800, Mobo entah apa, RAM SD RAM 128 MB, Hardisk 10 GB tapi VGAnya cuman 2 MB.

Sumpah dulu gue enggak ngerti kalau VGA 2 MB ini enggak bakal optimal. Tapi udah terlanjur kesenengan karena dapet Pentium III. Ditunggu-tunggu akhirnya si Blutih ini datang juga. Betapa senengnya pas gue bisa nyetel MP 3 dan nonton film di PC.

Tapi yang lucu, pas babeh gue nego bonus, temen gue udah mentok katanya dan gue bilang bonusnya stik PS aja ya [biar bisa buat main FIFA]. Emak gue ketawa ketawa entah apa maksudnya. Tapi yang jelas lumayan.

Gue pun akhirnya minjem sana sini aneka CD dari software sampai game. Tapi tiap ngintal game kebanyakan gagalnya biasanya, pernah waktu itu gue nyoba nginstal Hitman, dan ternyata VGA nya minimal 16 MB. Dong dorong dong dong. Meskipun belum ngerti-ngerti banget gue udah ngerti VGA si Blutih super ecek-ecek.

Alhasil gue cuman bisa main Who Wants to be A Millionaire [English version] yang cukup keren lah, terus lainnya FIFA 2000 [padahal udah taun 2002], Road Race [ada juga versi PSnya], Virtua Cop sama yang paling bikin gue betah berlama-lama di depan Blutih adalah The Sims.

Ya liburan masuk kuliah gue abisin dengan main The Sims. Waktu itu expansionnya udah sampe Hot Date tapi karena hardisk hampir habis gue cuman nginstal sampai Livin Large. [Akhirnya di zaman ini gue main game yang enggak ketinggalan zaman banget hehe].

Karena gue kuliah di Semarang yang berarti gue ngekos, si Blutih ditinggal. 6 bulan gue belum dapet PC lagi dan pas beli gue masih super duper dongo. Dari yang tadinya udah mau dapet barang bagus[ PIII 800, Mobo ASUS, RAM Visipro 128 MB, Hardisk 20 GB Seagate, VGA Riva TNT 16 MB] karena gue enggak teliti dan gak sabaran gue dapet yang jauh lebih bos [bosok maksudnya].
Jadinya gue dapet spek yang enggak banget sebenarnya. Pentium Celeron [yak Celeron sodara-sodara, memang secara clock sih sudah diatas PIII tapi tetep aja butut], Mobo Jetway tanpa AGP slot dan malah berVGA onboard [yang sangat parah], RAM Visipro 128 MB, Hardisk 20 GB Seagate [2 yang terakhir masih lumayan] dan yang paling mengenaskan adalah monitor gue. Dari yang tadinya mau pake Philips 14”, jadi dapet SPC 14” dan itupun enggak full screen.

Dibandingin sama si Blutih kok kayaknya masih jauh lebih bagus si Blutih. Tapi demi menghibur diri akhirnya gue terima kekonyolan gue dan jadi pembelajaran aja. Pas gue nyetel lagu suaranya sember enggak karuan [maklum multimedia speaker yang paling murah] dan keyboardnya aduduh super enggak enak apalagi mousenya.

Tapi yang lumayan adalah gue dapet mousepad Gundam [yang belakangan ancur juga] dan bisa main Winning Eleven [pake emulator PSX] sama temen-temen kos. Dan kalo autisnya lagi kumat gue lagi-lagi main The Sims. Kali ini gue install lengkap sampe The Sims Vacation, sebelum akhirnya Superstar dan Makin Magic keluar expansionnya.

Cuman yang miris, banyak juga game-game yang enggak bisa dimainin. Penyebabnya ya VGA gue yang onboard itu. Sampe gue pernah mau ngebohongin ortu bilang kompi rusak dan pas babeh ke Semarang dia liat rusaknya ternyata baik-baik aja [batal deh].
Lama-lama semakin enggak keurus si Kompi sampe ada pencerahan pas semeseter VI. Gue udah mulai dapet side job garap event dan ada duit lebihnya. Si Kompi gue upgrade pelan-pelan. Karena suaranya sember abis, gue beliin Audiobox A200. [Itupun didiskon yang punya toko lantaran kenal].

Gue juga udah mulai dapet orderan rakit PC dari temen kos dan temen kampus. Lumayan, gue bisa beli Keyboard dan Mouse Simbadda [yang sampe sekarang masih gue pake keyboardnya]. Cuman mousenya ancur dan akhirnya gue beli Logitech [akhirnya berhenti pake mouse abal-abal]. Satu lagi CD ROM Samsung yang udah bapuk akhirnya dituker tambah LiteOn CD RW yang juga masih gue pake sampe sekarang [banyak burning CD soalnya].

Monitor gue juga udah berganti, SPC gue dilego bersama paketan Pentium III ke temen gue. Sempet sebentar pake LG "14 dan ganti 17” GTC. RAM gue udah diganti jadi 256 MB dan hardisk udah jadi 80 GB [racun dari sobat gue EdwinneR]. Sampe akhirnya casingnya pun jadi SimBio [cukup lumayan ketimbang casing ATX zaman baheula].

Cuman yang miris lama-lama Celeron udzur juga lah, udah gitu Mobonya bosok begitu. Gue paksain ngerjain Corel, Photoshop dan Skripsi di situ. Lemot sumpah. Dan rasanya pengen buru-buru di upgrade.

Lulus kuliah gue ngebet pengen PC baru, nego sana sini dan kerjaan gue masih belum pasti gue mengajukan beli PC baru sama babeh gue. Dan ternyata memang bener, PC itu masih bisa dipol-polin dipake sampe 5 taun.

Tapi pengajuan bikin PC enggak semudah yang dikira. Gue mengajukan budget 7 juta. Dengan spek AMD Athlon X2 6400 Black Edition [sempat jadi procie raja cuy], Mobo Gigabyte GA MA69G S3H, Hardisk 320 GB, RAM Corsair XMS 2 2x1GB PC 6400, VGA Ge Cube 2600 XT GDDR 4 256 MB, Casing CoolerMaster Centurion 5 dan fan procie Thermaltake Blue Orb II.

Keruan babeh bingung, dari mana budget segitu banyak. Dan akhirnya ada jalan juga. Gue menyelesaikan 3 buku dalam waktu 3,5 bulan. Alhasil gue punya deposit 4 juta 250 ribu. Lumayan lah. Dan gue akhirnya memutuskan migrasi ke Bandung [kota asal gue].
Untuk ongkos pulang Kompi Celeron dijual dan gue dapet 300 ribu [lumayaan]. Gue pulang dan emak gue bersedia member pinjaman lunak 750 ribu jadi gue memegang 5 jeti untuk merakit CPU.

Karena kurang gue pangkas-pangkas lah budget PC baru yang gw beri nama Project Black ini. Akhirnya spek RIG gue sampe sekarang adalah AMD Athlon X2 5000 Black Edition [sempat jadi procie raja cuy], Mobo Gigabyte GA MA69G S3H, Hardisk Seagate 160 GB SATA , RAM Corsair XMS 2 2x1GB PC 6400, Casing Gigabyte GZ X3 dan fan procie Thermaltake TR2 R1, plus DVD RW Pioneer SATA.

Nah gue masih punya beberapa peripheral simpenan dari si Kompi yaitu hardisk 80 GB ATA, CD RW Lite On dan Monitor GTC. Digabung-gabungin dan dirakitlah si Project Black ini. Awalnya belum pake VGA, waktu itu budgetnya cuman sisa 300 ribuan dan gue pilih diem dulu deh. Lagian chip VGA Onboard X1250 yang ada di Mobo gue udah cukup mumpuni 2 tahun lalu.

Lumayan, beberapa aplikasi jauh whozz whooz whooz dipakenya. Termasuk Corel dan Photoshop. Juga game favorit gue The Sims 2 yang akhirnya bisa dimainin di Project Black. Gue ngerjain proyek terjemahan. Hasilnya lumayan dan akhirnya kebeli tuh VGA impian gue zaman itu Ge Cube 2600 XT GDDR 4 256 MB.

Tapi entah kenapa VGA ini ternyata cepet banget panas. Nyesel gue enggak ambil HIS aja waktu itu [meskipun baru DDR 3]. Akhirnya lagi asik-asik ngegame sering hang. Akhirnya gue dapet duit tambahan dan bisa beli Vizo Propeller [cooler VGA]. Tapi panasnya masih tinggi juga ternyata.

Dan sampe akhirnya kembang api muncul dari casing gue. DAMN apa ini kata gue, ternyata PSU bawaan casing kemasukan cicak dan konslet. Beruntungnya gue pas lagi punya duit dan bisa beli AC Bel 550 Watt. Semakin membuat gue bangga dengan si Project Black.

Lama enggak diupgrade hardware, gue dapet rezeki lagi. Kali ini gue dapet VGA HIS Radeon 4670 1 GB GDDR 3 ICEQ. Biarpun cuman VGA mainstream tapi VGA ini enggak teriak-teriak panas kayak Ge Cube gue. Malah cenderung adem. Dan monitor GTC gue kasiin bokap gue yang tadinya masih pake CRT 14”.

Dan dapetlah gue LCD Samsung Syncmaster 943. Lumayan lega dan asik buat ngapa-ngapain. Akhirnya gue cuman bisa bersyukur doang. Semua bisa dapet RIG yang lumayan ini berkat kerja keras dan tentunya God always give me the way. Mungkin gue tinggal perlu menambah hardisk ke 1 TB dan scanner untuk mensupport pekerjaan gue sekarang. Project Black I Love U.

1 comments:

Kevin Zufar Rukmana said...

eh, km beli kompu thn 96 windows 3.11 wktu sd kls 5 emang masih jmn thn segitu walaupun ad windows 95. tp wktu km kls 3 smp yaitu 4 tahun setelah itu thn 2000 sdh jmnya windows 98. ibuku sj bl komputer thn 2000 osnya windows 98 dan sdh jmn. kok di kampungmu msh jmnnya windows 95, ya?